Jumat, 20 Juli 2012

Makanan Bergizi untuk Kesehatan

Anak-anak siapa hari ini yang sudah makan?  Tahukah kalian makanan itu untuk apa? Makanan diperlukan tubuh manusia untuk pertumbuhan dan melakukan kegiatan sehingga tubuh tetap sehat. Kegiatan yang dilakukan, misalnya belajar, pergi ke sekolah, dan bermain. Makanan yang baik itu adalah  makanan yang mengandung gizi. Yang dimaksud dengan makanan bergizi adalah makanan  yang mengandung Zat-zat yang  dibutuhkan tubuh untuk memperoleh energi. Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. . kegunanan dari zat gizi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sel-sel tubuh serta memelihara kesehatan Untuk lebih jelas mari kita simaklah penjelas berikut.
 a. Karbohidrat
Karbohidrat adalah zat diperlukan tubuh untuk  sumber tenaga dalam melakukan kegiatan. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat, antara lain nasi, jagung, kue, roti, ubi, dan kentang. 

 b. Protein
Protein merupakan zat makanan yang berfungsi untuk membangun tubuh dan memperbaiki jaringan dan sel yang rusak. Sebagai contoh, tubuh bertambah tinggi dan besar. Hal itu terjadi karena kamu mengkonsumsi zat makanan yang mengandung protein.protein tebagi menjadi dua yaitu: protein nabati dan hewani. Protein nabati adalh protein yang bersumber dari tumbuhan, misalnya kacang-kacangan. Sedang kan protein hewani adalh protein yang bersumber dari hewan  Misalnya Susu, telor ikan ,daging dan lain lain. Jika tubuhmu kekurangan protein akan menderita penyakit kwashiorkor.  Penderita kwashiorkor akan terhambat pertumbuhannya, kulit bersisik, kurus, dan rambutnya kusam.

 c. Lemak
Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga atau energi dan sebagai cadangan makanan. Lemak ada 2 macam, yaitu lemak hewani dan lemak nabati. Lemak hewani adalah lemak yang dihasilkan hewan. Contoh lemak hewani adalah daging, keju, minyak ikan, telur, dan mentega. Adapun lemak nabati adalah lemak yang bearasal dari tumbuh-tumbuhan. Contoh lemak nabati adalah kelapa, kacang tanah, dan margarin. 
 
d. Vitamin
Vitamin merupakan zat makanan yang berguna untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. Kebanyakan vitamin tidak dapat dibuat di dalam tubuh. Vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Vitamin ini bermacam-macam, yaitu vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin B dan C larut di dalam air, sedangkan vitamin A, D, E, dan K larut dalam lemak. Penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin disebut avitaminosis.

e. Mineral
Mineral diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Fungsi mineral bagi tubuh adalah untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa macam mineral yang diperlukan oleh tubuh, di antaranya kalsium, besi, fosfor, dan iodin.
 1)      Kalsium berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. Selain itu, kalsium membantu dalam pembekuan  darah jika tubuh mengalami luka. Bahan makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, ikan,  dan roti.
2)      Zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen di dalam darah. Jika kekurangan zat besi, tubuh kita akan mengalami anemia (kekurangan darah). Bahan makanan yang banyak mengandung zat besi  adalah daging, roti, kuning telur, dan kacang-kacangan.
3)      Fosfor berfungsi menjaga kesehatan serta kekuatan gigi dan gusi. Jika kekurangan fosfor dapat menyebabkan  radang gusi dan kerusakan gigi. Fosfor terdapat dalam susu dan kuning telur.
4)      Iodin berfungsi mencegah penyakit gondok. Kekurangan iodin dapat pula menyebabkan terhambatnya  pertumbuhan dan cacat mental. Iodin terdapat dalam garam dapur beriodin, air minum, dan ikan laut.

f.  Air
Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Air berfungsi memperlancar metabolisme, seperti proses pencernaan dan peredaran darah.

Pernahkah kamu mendengar slogan ”empat sehat lima sempurna”. Makanan  Empat sehat lima sempurna adalah makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang yang terdiri atas empat macam makanan, yaitu:
a. makanan pokok (misalnya beras, dan kentang);
b. lauk pauk (misalnya ikan, daging, telur);
c. sayuran (misalnya bayam dan kangkung);
d. buah-buahan (misalnya apel, pepaya, dan pisang).
Lima sempurna adalah pelengkap dari empat makanan tersebut. Susu adalah jenis makanan dengan zat gizi lengkap. Oleh karena itu, susu disebut pelengkap (lima sempurna). 

MAKANAN YANG BERBAHAYA BAGI KESEHATAN
Kamu tentu pernah membeli kue atau makanan dan minuman, yang dijual di sekolah atau sekitar rumahmu. Sehat dan bersihkah makanan yang kalian beli tersebut? Makanan yang tidaksehat dapat mendatangkan penyakit . Ciri-ciri makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi adalah:
a. sudah ditumbuhi jamur dan dihinggapi lalat,
b. berubah warna,
c. sudah membusuk,
d. sudah lewat batas kedaluwarsa,
e. makanan disimpan dalam wadah seperti kaleng yang sudah berkarat,
f. makanan yang sudah dicemari hewan, dan
g. makanan yang mengandung bahan

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Risman Munajat Note's - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz