Minggu, 06 September 2015

Ciri khusus pada Tumbuhan dan fungsinya

Kantong semar 
Merupakan tumbuhan insektivora yaitu tumbuhan pemakan serangga.
Mempunyai daun yang termodifikasi berbentuk kantung.
Kantung semar mengeluarkan nectar(cairan manis bahan pembuat madu), untuk memikat serangga. Serangga yang terjatuh ke dalam kantung akan dicerna dan diserap nitrogennya
Teratai
  • Termasuk Tumbuhan Hydrophyta yaitu tumbuhan yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan air.
  • Mempunyai daun yang lebar untuk mempermudah proses penguapan dan fotosintesis.
  • Batang dan akarnya mempunyai lubang-lubang atau rongga-rongga udara yang berfungsi untuk membawa udara ke batang dan akar
 
Eceng gondok 
  • Termasuk tumbuhan hydrophyta.
  •   Mempunyai tangkai daun yang menggelembung(berongga), yang berfungsi untuk mengapung di permukaan air.

Bunga Rafflesia 
  •   Merupakan tumbuhan parasit  (pada akar tanaman menjalar) yaitu tunbuhan yang hidup dengan mengambil zat makanan dari tanaman inangnya.
  •   Mengeluarkan bau busuk atau bau bangkai dan memiliki bagian yang dapat memantulkan cahaya, untuk memikat dan memandu lalat.Dengan datangnya lalat maka proses penyerbukan dapat berlangsung,sehingga bunga raflesia dapat berkembangbiak.
Kaktus 

  • Kaktus hidup di tempat yang kering, sehingga dikelompokkan ke dalam tumbuhan xerofit. Untuk dapat tetap hidup di tempat yang kering, kaktus memiliki ciri khusus sebagai berikut:
  •  Kaktus memiliki daun yang berbentuk duri. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi proses penguapan air dari dalam tubuhnya. Tempat fotosintesis digantikan oleh batang. Batang kaktus memiliki klorofil untuk dapat melakukan fotosintesis.
  • Batang kaktus menjadi besar dan menggembung. Tujuannya untuk menyimpan cadangan air. v  Akar kaktus umumnya panjang. Akar seperti ini memungkinkan kaktus mencari air sebanyak mungkin.
ciri khusus tumbuhan dan fungsinya sebagai berikut :
  1. Pohon jati, mahoni, kapas/randu, dan kedondong setiap musim kemarau keempat pohon/tumbuhan tersebut menggugurkan daunnya yang fungsinya untuk mengurangi penguapan.
  2. Pohon Bakau memiliki akar tunjang yang berfungsi untuk melindungi dari hantaman ombak dan untuk menghirup oksigen ( bernafas )
  3. Pohon Nangka memiliki getah dalam kulitnya dan buahnya berduri yang fungsinya untuk melindungi diri
  4. Lidah Buaya memiliki daun yang tebal dan berair yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air
  5. Pohon salak, mawar, putri malu, bougenvile memiliki batang yang berduri yang fungsinya melindungi diri
  6. Pohon Beringin memiliki akar gantung yang kekar berfungsi untuk menghirup uap air dan gas
  7. Bunga Raflesia /Bunga Bangkai mempunyai cirikhas bau busuk yang berfungsi untuk menarik serangga sehingga serangga tersebut membantu penyerbukan
  8. Teratai daunnya lebar yang berfungsi mempercepat penguapan air, teratai memiliki batang berongga yang fungsinya untuk menyimpan oksigen untuk bernafas dan memudahkan teratai mengapung di air
  9. Kaktus : a.Akarnya panjang berfungsi dapat mencari air lebih banyak, b. Batangnya tebal dan berair fungsinya untuk menyimpan air, c. Kulit batangnya berlapis lilin yang fungsinya untuk mengurangi penguapan, d. Daun kecil dan berbentuk duri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan
  10. Venus : a. Daunnya berengsel dan berbulu yang berfungsi untuk menjebak serangga, b. Rambut peka yang berfungsi untuk mendeteksi mangsa, c. Menghasilkan cairan enzim yang berfungsi untuk mencerna serangga yang telah terjebak.
 

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Risman Munajat Note's - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz