Senin, 07 Mei 2012

KECERDASAN MANUSIA


Setiap manusia memiliki semua jenis kecerdasan, namun hanya ada beberapa yang dominan atau menonjol dalam diri. Menurut Howard Gardner, psikolog terkemuka dari Harvard University, menemukan bahwa sebenarnya manusia memiliki beberapa jenis kecerdasan. Howard menyebutnya sebagai kecerdasan majemuk atau multiple intelligence.

Kedelapan jenis kecerdasan itu adalah:
1. Kecerdasan Linguistik (word smart)
2. Kecerdasan Spasial (picture smart)
3. Kecerdasan Matematis (logic smart)
4. Kecerdasan Kinestetis (body smart)
5. Kecerdasan Musik (music smart)
6. Kecerdasan Interpersonal (people smart)
7. Kecerdasan Intrapersonal (self smart)
8. Kecerdasan Naturalis (nature smart)


Dari penjelasan itu, dipandang perlu untuk  mengetahui kecerdasan yang  dominan di dalam diri  kita, sehingga kita dapat lebih mengembangkannya. berikut ini adalah pedoman praktis untuk dilakukan dalam  mengembangkan multiple intelegensia buah hatinya :
  • Merangsang kecerdasan verbal. Ajaklah bercakap-cakap, bacakan cerita berulang-ulang, rangsang untuk berbicara dan bercerita, menyanyikan lagu anak-anak dll.
  • Latih Kecerdasan Logika dengan mengelompokkan, menyusun, merangkai, menghitung mainan, bermain angka, halma, congkak, sempoa, catur, kartu teka teki, puzzle, monopoli, permainan komputer dll.
  • Kembangkan kecerdasan visual spatial dengan mengamati gambar, foto, merangkai danmembongkar lego, menggunting, melipat dan menggambar.
  • Melatih kecerdasan gerak tubuh dengan berdiri satu kaki, jongkok, membungkuk, berjalan diatas satu garis, berlati, melompat, melempar, menangkap, latihan senam, menari dan olahraga.
  • Merangsang kecerdasan musikal dengan mendengarkan musik, bernyanyi, memainkan alat musik, mengikuti irama dan nada.
  • Melatih kecerdasan emosi inter personal dengan bermain bersama anak yang lebih tua dan lebih muda, saling berbagi, mengalah, meminjamkan mainan, bekerja sama membuat sesuatu dll.
  • Melatih kecerdasan emosi intra personal dengan menceritakan perasaan, keinginan, cita-cita, pengalaman dan berkhayal serta mengarang cerita.
  • Merangsang kecerdasan naturalis dengan memelihara tanaman, binatang, berkebun, wisata dihutan, gunung dan pantai.
Sumber: Who Am I? Yes! I Know!, Timotius Adi Tan & Iwan Wahyudi, Metanoia Publishing, Cetakan Pertama, Maret 2007, hlm. 106 – 107.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Risman Munajat Note's - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz