Kepala sekolah adalah tenaga fungsional guru yang diberikan
tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah dasar dimana diselenggarakan
proses belajar mengajar atau tempat di mana terjadi interaksi antara
guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran.Kepala sekolah pada hakekat etimologisnya merupakan padanan dari
school principal, yang tugas kesehariannya menjalankan principalship
atau kekepalasekolahan. Istilah kekepalasekolahan mengandung makna
sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi
sebagai kepala sekolah. Penjelasan ini dipandang penting, karena
terdapat beberapa istilah untuk menyebut jabatan kepala sekolah, seperti
administrasi sekolah (school administrator), pimpinan sekolah (school
leader), manajer sekolah(school manajer), dan sebagainya. Mengingat
bahwa Kepala Sekolah sebagai Pimpinan Lembaga atau Organisasi yang
bergerak dalam bidang Pendidikan, maka Kepala Sekolah pada satuan
pendidikan Sekolah Dasar harus mampu memposisikan diri , antara lain :
1. Sebagai Pendidik (Educator)
Sebagai
Pendidik, Kepala Sekolah mempunyai kewajiban untuk melakukan pembinaan
terhadap Guru dan Tata Usaha agar ,ereka dapat tumbuh dan berkembang
secara professional.
Berbagai
aspek yang harus dikuasai oleh Kepala Sekolah dalam rangka menilai
kinerja sekolah perlu diperhatikan beberapa aspek penilaian beserta
scoring penilaiannyam yaitu menyangkut :
a. Aspek prestasi sebagai Guru
b. Aspek kemampuan bimbingan guru
c. Aspek kemampuan membimbing karyawan (TU, Laboratorium, dan sebagainya)
d. Aspek kemampuan membimbing siswa
e. Aspek kemampuan mengembangkan staf.
f. Aspek kemampuan belajar mengikuti perkembangan Iptek.
2. Sebagai Pengelola (Manager)
Sebagai
Pengelola/manajer, Kepala Sekolah dapat mengamankan pelaksanaan rencana
kerja yang telah disusun sebelumnya, menggerakkan semua guru dan Tata
Usaha, untuk dapat bekerja optimal. Kepala Sekolah juga berkewajiban
melakukan pemantauan apakah pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana
dan peraturan yang berlaku. Berbagai aspek yang harus dikuasai oleh
Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a. Aspek Kemampuan Menyusun Program
b. Aspek kemampuan menyusun organisasi/ kepegawaian di sekolah
c. Aspek kemampuan menggerakan staf
d. Aspek kemampuan mengoftimalkan sumber daya sekolah
3. Sebagai Administrator (Pengurus)
Sebagai
seorang administrator, kepala sekolah melakukan Fungsi-fungsi merancang
perencanaan kegiatan sekolah, menggerakkan kegiatan melalui pemberian
dorongan kepada Guru dan staf, melakukan komunikasi kepada instansi lain
demi tercapainya tujuan secara efektif dan efisien. Berbagai aspek yang
harus dikuasai Kepala SD adalah sebagai berikut :
a. Aspek kemampuan mengelola administrasi KBM dan BK
b. Aspek kemampuan mengelola administrasi Kesiswaan
c. Aspek kemampuan mengelola administrasi Ketenagaan
d. Aspek kemampuan mengelola administrasi Keuangan
e. Aspek kemampuan mengelola administrasi Sarana/ Prasarana
f. Aspek kemampuan mengelola administrasi Persuratan
a. Aspek kemampuan mengelola administrasi KBM dan BK
b. Aspek kemampuan mengelola administrasi Kesiswaan
c. Aspek kemampuan mengelola administrasi Ketenagaan
d. Aspek kemampuan mengelola administrasi Keuangan
e. Aspek kemampuan mengelola administrasi Sarana/ Prasarana
f. Aspek kemampuan mengelola administrasi Persuratan
4. Penyelia (Supervisor)
Sebagai
supervisor, seorang Kepala Sekolah harus melakukan pengawasan dan
pembinaan kepada guru, khususnya berkaitan dengan kegiatan belajar dan
mengajar di kelas, agar berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan serta
dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a. Aspek kemampuan menyusun program supervisi pendidikan
b. Aspek kemampuan melaksanakan supervisi pendidikan
c. Aspek kemampuan memanfaatkan hasil Supervisi.
5. Pemimpin (Leader)
Sebagai
seorang pemimpin, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk
mempengaruhi dan menggerakkan semua personil sekolah agar dapat
melakukan tugas secara efektif. Sebagai pemimpin Kepala Sekolah juga
harus berfikir menerobos batas, artinya melahirkan pemikiran-pemikiran
kreatif untuk membawa Sekolah kepada kondisi yang lebih maju. Pemikiran
seorang pemimpin tidak sebatas pada rencana dan aturan-aturan yang telah
ada, tetapi melompat kepada perubahan – perubahan ke depan, yang
kadang-kadang belum dipikirkan oleh personil sekolah lainnya. Berbagai
aspek yang harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a. Aspek Kepribadian Yang Kuat
b. Aspek Kemampuan Mengenal Anak Buah
c. Aspek Pemahaman terhadap Visi dan Misi Sekolah
d. Aspek Kemampuan mengambil keputusan
e. Aspek Kemampuan Komunikasi
6. Pembaharu (Inovator)
Sebagai
pembaharu, Kepala Sekolah harus berfikir dinamis, Peka terhadap segala
perubahan yang terjadi di masyarakat yang terjadi di masyarakat, Kepala
Sekolah harus adaptif terhadap perubahan yang terjadi, sehingga mampu
menyesuaikan dengan perubahan – perubahan tersebut. Dimungkinkan Kepala
Sekolah menjadi pemimpin dalam Pembaharuan tersebut berbagai aspek yang
harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a. Aspek kemampuan mencari/menemukan gagasan baru.
b. Aspek kemampuan melakukan pembaharuan di Sekolah
7. Pengerak (Motivator)
Sebagai
penggerak, Kepala Sekolah memiliki teknik yang cukup untuk dapat
menggerakan dan memberikan motivasi kepada guru dan staf, agar mereka
dapat dan mampu melakukan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan sekolah
secara efektif dan efisien. Berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala SD
adalah sebagai berikut :
a. Aspek kemampuan mengatur lingkungan kerja (Fisik)
b. Aspek kemampuan mengatur suasana kerja (non fisik)
c. Aspek kemampuan menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman
1 komentar:
Infonya banyak memberi manfaat untuk kami, saya mengapatkan kumpulan administrasi kepala sekolah, guru dan wali kelas lengkap disini http://gurukepsek.wordpress.com/
terima kasih
Posting Komentar