Kepala sekolah adalah tenaga fungsional guru yang diberikan 
tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah dasar dimana diselenggarakan 
proses belajar mengajar atau tempat di mana terjadi interaksi antara 
guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran.Kepala sekolah pada hakekat etimologisnya merupakan padanan dari 
school principal, yang tugas kesehariannya menjalankan principalship 
atau kekepalasekolahan. Istilah kekepalasekolahan mengandung makna 
sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi 
sebagai kepala sekolah. Penjelasan ini dipandang penting, karena 
terdapat beberapa istilah untuk menyebut jabatan kepala sekolah, seperti
 administrasi sekolah (school administrator), pimpinan sekolah (school 
leader), manajer sekolah(school manajer), dan sebagainya. Mengingat
 bahwa Kepala Sekolah sebagai Pimpinan Lembaga atau Organisasi yang 
bergerak dalam bidang Pendidikan, maka Kepala Sekolah pada satuan 
pendidikan Sekolah Dasar  harus mampu memposisikan diri , antara lain :
1.    Sebagai Pendidik (Educator)
Sebagai
 Pendidik, Kepala Sekolah mempunyai kewajiban untuk melakukan pembinaan 
terhadap Guru dan Tata Usaha agar ,ereka dapat tumbuh dan berkembang 
secara professional. 
Berbagai
 aspek yang harus dikuasai oleh Kepala Sekolah dalam rangka menilai 
kinerja sekolah perlu diperhatikan beberapa aspek penilaian beserta 
scoring penilaiannyam yaitu menyangkut :
a.  Aspek prestasi sebagai Guru
b.  Aspek kemampuan bimbingan guru
c.  Aspek kemampuan membimbing karyawan (TU, Laboratorium, dan sebagainya)
d.  Aspek kemampuan membimbing siswa
e.  Aspek kemampuan mengembangkan staf.
f.   Aspek kemampuan belajar mengikuti perkembangan Iptek. 
2.        Sebagai Pengelola (Manager)
Sebagai
 Pengelola/manajer, Kepala Sekolah dapat mengamankan pelaksanaan rencana
 kerja yang telah disusun sebelumnya, menggerakkan semua guru dan Tata 
Usaha, untuk dapat bekerja optimal. Kepala Sekolah juga berkewajiban 
melakukan pemantauan apakah pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana 
dan peraturan yang berlaku. Berbagai aspek yang harus dikuasai oleh 
Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a.   Aspek Kemampuan Menyusun Program
b.   Aspek kemampuan menyusun organisasi/ kepegawaian di sekolah
c.   Aspek kemampuan menggerakan staf
d.   Aspek kemampuan mengoftimalkan sumber daya sekolah
3.    Sebagai Administrator (Pengurus)
Sebagai
 seorang administrator, kepala sekolah melakukan Fungsi-fungsi merancang
 perencanaan kegiatan sekolah, menggerakkan kegiatan melalui pemberian 
dorongan kepada Guru dan staf, melakukan komunikasi kepada instansi lain
 demi tercapainya tujuan secara efektif dan efisien. Berbagai aspek yang
 harus dikuasai Kepala SD adalah sebagai berikut : 
a. Aspek kemampuan mengelola administrasi KBM dan BK
b. Aspek kemampuan mengelola administrasi Kesiswaan
c. Aspek kemampuan mengelola administrasi Ketenagaan
d. Aspek kemampuan mengelola administrasi Keuangan
e. Aspek kemampuan mengelola administrasi Sarana/ Prasarana
f. Aspek kemampuan mengelola administrasi Persuratan
a. Aspek kemampuan mengelola administrasi KBM dan BK
b. Aspek kemampuan mengelola administrasi Kesiswaan
c. Aspek kemampuan mengelola administrasi Ketenagaan
d. Aspek kemampuan mengelola administrasi Keuangan
e. Aspek kemampuan mengelola administrasi Sarana/ Prasarana
f. Aspek kemampuan mengelola administrasi Persuratan
4.    Penyelia (Supervisor)
Sebagai
 supervisor, seorang Kepala Sekolah harus melakukan pengawasan dan 
pembinaan kepada guru, khususnya berkaitan dengan kegiatan belajar dan 
mengajar di kelas, agar berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan serta 
dapat dicapai secara efektif dan efisien. 
Berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a.       Aspek kemampuan menyusun program supervisi pendidikan
b.      Aspek kemampuan melaksanakan supervisi pendidikan
c.       Aspek kemampuan memanfaatkan hasil Supervisi. 
5.     Pemimpin (Leader)
Sebagai
 seorang pemimpin, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk 
mempengaruhi dan menggerakkan semua personil sekolah agar dapat 
melakukan tugas secara efektif. Sebagai pemimpin Kepala Sekolah juga 
harus berfikir menerobos batas, artinya melahirkan pemikiran-pemikiran 
kreatif untuk membawa Sekolah kepada kondisi yang lebih maju. Pemikiran 
seorang pemimpin tidak sebatas pada rencana dan aturan-aturan yang telah
 ada, tetapi melompat kepada perubahan – perubahan ke depan, yang 
kadang-kadang belum dipikirkan oleh personil sekolah lainnya. Berbagai 
aspek yang harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut : 
a.         Aspek Kepribadian Yang Kuat
b.         Aspek Kemampuan Mengenal Anak Buah
c.         Aspek Pemahaman terhadap Visi dan Misi Sekolah
d.        Aspek Kemampuan mengambil keputusan
e.         Aspek Kemampuan Komunikasi
6.    Pembaharu (Inovator)
Sebagai
 pembaharu, Kepala Sekolah harus berfikir dinamis, Peka terhadap segala 
perubahan yang terjadi di masyarakat yang terjadi di masyarakat, Kepala 
Sekolah harus adaptif terhadap perubahan yang terjadi, sehingga mampu 
menyesuaikan dengan perubahan – perubahan tersebut. Dimungkinkan Kepala 
Sekolah menjadi pemimpin dalam Pembaharuan tersebut berbagai aspek yang 
harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a.       Aspek kemampuan mencari/menemukan gagasan baru. 
b.      Aspek kemampuan melakukan pembaharuan di Sekolah
7.    Pengerak (Motivator)
Sebagai
 penggerak, Kepala Sekolah memiliki teknik yang cukup untuk dapat 
menggerakan dan memberikan motivasi kepada guru dan staf, agar mereka 
dapat dan mampu melakukan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan sekolah 
secara efektif dan efisien. Berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala SD
 adalah sebagai berikut :
a.       Aspek kemampuan mengatur lingkungan kerja (Fisik)
b.      Aspek kemampuan mengatur suasana kerja (non fisik)
c.       Aspek kemampuan menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman



1 komentar:
Infonya banyak memberi manfaat untuk kami, saya mengapatkan kumpulan administrasi kepala sekolah, guru dan wali kelas lengkap disini http://gurukepsek.wordpress.com/
terima kasih
Posting Komentar