Beberapa Hal yang harus di persiapkan dalam menitikarir di Birokrasi agar sukses dantaranya adalah sebagai berikut:
1. Nilailah Diri Sendiri
Sebelum melangkah
lebih jauh, ada baiknya Anda mengawalinya dengan menilai kinerja diri.
Apalagi di dunia pekerjaan seorang PNS, yang hampir setiap hari selalu
dapat dinilai masyarakat luas.Penilaian itu harus obyektif dan
realistis. Jika Anda merasa kinerja Anda belum maksimal, nilailah
seperti itu. Ambillah kertas, kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja
yang Anda hadapi di kantor. Lalu, tanyakan pada diri Anda, seberapa
jauh mampu menangani poin-poin tersebut. Daftar singkat ini akan
membantu Anda memperoleh gambaran utuh mengenai kinerja Anda sendiri.
Setelah diperoleh gambaran utuh, Anda bisa memutuskan aspek mana yang
sudah Anda kuasai, dan aspek mana yang perlu ditingkatkan. Sebagai
contoh kita memiliki kelebihan dalam mudah bergaul dalam masyarakat,
namun kita memiliki kekurangan yaitu berat untuk mempercayai orang,
bahkan kita terkesan pamali kepada orang yang kita temui sehari-hari.
Melalui penilaian diri sendiri ini maka, kita akan bisa sedikit mengubah
sifat curiga kita kepada orang lain untuk kebaikan kinerja kita di masa
depan.
2. Terus Belajar
Pahamilah bahwa
karier profesional merupakan sebuah proses di mana Anda memiliki
kesempatan untuk mengikutinya terus menerus. Apalagi melihat
perkembangan teknologi dan sifat demokratis yang ditunjukan oleh
masyarakat yang tergambar dari semakin ramainya terjadi
demonstrasi-demonstrasi yang sering berujung kepada keributan. Jadi,
gunakan kesempatan ini untuk menguasai kemampuan profesional. Kerjakan
semua tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti aturannya, cari tahu kelebihan
dan kelemahan proses yang Anda ikuti, dan seterusnya. Dengan demikian,
Anda akan mampu menjalankan semua tugas Anda dengan baik, saat ini dan
di masa datang. Dan yang paling penting kita jangan takut untuk
melakukan berbagai pekerjaan. Walaupun pekerjaan itu hanya sekedar
mengantar surat atau bersih-bersih. Karena tidak menutup kemungkinan
dari hal-hal kecil itu, seorang pimpinan dapat menilai anda dan
memberikan harapan untuk kinerja profesionalitas anda di masa depan.
3. Be Responsible
Meskipun berada dalam naungan sebuah
Kementrian atau Pemerintahan, Anda yang akan menentukan karier. Jadi,
bertanggungjawablah dan pastikan bahwa Anda mengambil semua peluang
untuk meningkatkan skill profesional Anda. Memperoleh tawaran untuk
mengikuti training, seminar, atau keanggotaan sebuah asosiasi
profesional? Tak perlu ragu untuk ikut dan bergabung karena skill pun
akan semakin jaya. Dan dari skill yang semakin jaya itu, maka pimpinan
dalam pemerintahan tersebut akan membantu proses perkembangan karier
anda. Dan anda juga jangan malas kalau misalnya ada undangan diklat atau
kursus yang ada di Pemerintahan anda, anda jangan takut atau bahkan
terkesan menolak undangan itu, bahkan sebaliknya anda harus berusaha
untuk ikut, walaupun diklat yang anda ikuti itu hanya sekedar "Table
Manner", namun mungkin dari diklat yang sekecil itu, bisa saja pimpinan
menilai kinerja anda.
4 . Jaga Kinerja
Selain bertanggungjawab, Anda juga
harus menerapkan standar pribadi di dalam mengerjakan tugas profesional
Anda. Standar inilah yang akan menentukan kualitas kerja. Di sisi lain,
kinerja inilah yang akan menjadi dasar kenaikan jabatan atau promosi.
Jadi, jangan segan bertanya kepada atasan. Jika memang merasa perlu,
mintalah job atau tugas baru yang menurut Anda menantang. Namun, jangan
asal meminta penugasan. Ukur kemampuan dan yakin bahwa Anda memang mampu
menerima tugas. Dan jangan takut untuk bersaing dengan siapapun dalam
menunjukan kinerja anda, bahkan jika anda bisa mengerjakannya tanpa
dikomandoi, mungkin itu akan mendapat nilai plus sendiri bagi atasan,
karena hampir semua atasan pasti selalu tidak ingin repot.
5. Jaga Hubungan Kerja
Meski tampaknya tak terkait langsung
dengan skill, menjaga hubungan kerja dengan semua level merupakan salah
satu strategi penting untuk mengembangkan kemampuan. Berusahalah agar
mampu bekerja dalam tim secara efektif. Gunakan semua contoh dan teori
profesional yang Anda punya untuk meningkatkan kinerja. Jika
memungkinkan, jadikan diri Anda sebagai salah satu contoh bagi rekan
kerja. Dan usahakan jangan membuat sifat kepemimpinan anda seperti "Gaya
Kepemimpinan Kodok" yang pernah saya bahas sebelumnya, dimana di dalam
gaya tersebut kita bertindak seperti penjilat kepada atasan, membunuh
teman selevel dan tidak mempedulikan bawahan kita. Ingat, kita ini hidup
sosial, jadi jangan terlalu bersikap apatis, lebih baik anda menjauh
dari komunitas yang tidak anda sukai, daripada anda bersifat apatis
namun anda tidak mau menjauh dari komunitas itu.
6. Ciptakan Jaringan
Sisihkan dulu urusan kantor. Kini,
saatnya untuk bersosialisasi dan menciptakan jaringan di luar kantor.
Anda bisa bergabung dengan komunitas profesional di luar posisi karier,
namun tetapi bisa meningkatkan kualitas kinerja Anda. Contohnya, jika
Anda seorang akuntan atau tamatan akuntansi sewaktu kuliah dulu, tak ada
salahnya bergabung dengan komunitas bursa. Yakinlah, ilmu dan jaringan
yang Anda peroleh dan bina di komunitas itu akan sangat membantu karier
di kemudian hari. Karena tidak menutup kemungkinan karier sebagai PNS
itu akan berhenti atau mungkin anda menundurkan diri karena mungkin
sudah merasa jenuh, dan ketika saat itu tiba, maka anda tidak akan
terlalu repot untuk meyelami dunia pekerjaan yang lain, karena jaringan
anda sudah cukup kuat.
7. Carilah Mentor
Cara terbaik menguasai sebuah bidang
adalah belajar dari ahlinya. Jadi, jangan ragu untuk mencari mentor atau
guru. Tentu, bukan dalam arti harfiah. Anda bisa, kok, misalnya
"berguru" kepada penulis favorit Anda melalui buku-buku karyanya. Secara
tak langsung, Anda akan menguasai ilmu Sang Ahli tersebut dan kemudian
Anda terapkan dalam tugas sehari-hari. Tapi, bisa juga Anda langsung
meminta petunjuk dari ahli yang Anda kenal. Yang penting, Anda yakin
bahwa "guru" Anda ini memang ahli dan sudah memiliki pengalaman di
bidangnya. Kalau perlu anda dapat melihat CV dari mentor anda tersebut,
mungkin dari CV itu anda dapat mempelajari pada saat apa saja anda dapat
meniru tindakan-tindakannya dalam mengembangkan dirinya.
8. Siapkan Masa Depan
Selalulah bertanya, "Apa yang akan
terjadi besok? Bagaimana mengatasinya?" Salah satu ciri pemenang adalah
selalu selangkah di depan lebih dulu ketimbang kompetitornya. Ketika
kompetitor tengah asyik bergulat dengan persoalan hari ini, Anda sudah
mencari solusi untuk persoalan yang muncul esok hari. Cobalah berlatih
membiasakan diri untuk berada selangkah di depan. Dijamin, Anda akan
menikmati hasilnya lebih cepat dari yang Anda perkirakan. Dan anda juga
bisa membuat suatu buku saku di saku buku anda, yang berisi apa saja
yang akan anda lakukan, apa saja tugas yang menanti, dan apa saja yang
anda perlukan. Karena tidak bisa dipungkiri, manusia pasti memiliki
sifat lupa dan tidak sediki
9. Asah Terus Skill Anda
Sekarang ini banyak sekali tawaran
pelatihan atau kursus singkat untuk semua bidang profesi, dari mulai
pelatihan soal keuangan, pelatihan program komputer, pelatihan
leadership, dan sebagainya. Nah, seperti halnya poin ke-2 di atas,
jangan ragu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, sekalipun tak berkait
langsung dengan posisi Anda. Jangan takut untuk mengikuti tes uji
kemampuan. Biasanya ketakutan dan keraguan muncul ketika Anda belum
melangkah. Begitu melangkah, Anda pasti mampu mengatasi keragu-raguan
tadi dengan segera. Pengayaan skill ini sudah pasti akan menjadi poin
tersendiri dalam menjalani karier Anda.
10. Jangan Lupakan Teknologi
Ada banyak sekali situs atau jaringan
sosial yang bisa Anda buka dan membantu meningkatkan skill Anda. Cara
paling mudah adalah mencarinya di Google. Anda juga bisa bergabung
dengan komunitas-komunitas di Facebook atau Twitter. Jika Anda tertarik
untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, Anda bisa misalnya, "berteman"
dengan jago komunikasi atau mungkin dosen-dosen di Fakultas Ilmu
Komunikasi yang ada, jika Anda berniat mempelajari belajar kepemimpinan,
Anda bisa bergabung dengan Komunitas Mario Teguh, dan sebagainya. Dan
begitu juga jika anda ingin memperdalam ilmu tentang birokrasi, anda
dapat mencari sekian banyak teman atau obrolan yang ada di dunia maya
yang sangat banyak jumlahnya.Bahkan jika anda mulai mencoba untuk
beralih ke jalur Fungsional, maka anda juga dapat mencari bahan-bahan
yang dapat anda pelajari atau pecahkan.
Sumber : Catatankulaih praja
Sumber : Catatankulaih praja
0 komentar:
Posting Komentar